Rabu, 04 Mei 2011

Sembuhkan yang terluka

Semasih duduk di Sekolah Dasar (SD) dulu, kaki saya pernah terluka kena beling, beberapa hari kemudian bengkak dan hampir tidak bisa berjalan. Tetapi puji Tuhan, ibu saya memberi obat yang sangat manjur, sehingga kaki saya pun sembuh dan pulih.

Setiap pribadi pasti pernah terluka, namun hati yang terluka biasanya lebih parah daripada fisik yang terluka.
Jika hati yang terluka, terus menerus tidak disembuhkan, maka ia berpotensi melukai hati orang lain.

Dalam perjalanan hidup ini, sejak kecil sampai tua, para single maupun couple (pasangan) yang telah menikah semuanya dapat terluka. Bahkan yang paling berpotensi melukai hati kita ialah mereka yang paling kita kasihi dan cintai.
Sebagai seorang anak, orang tualah yang paling berpotensi melukai hati mereka, demikian pula sebaliknya.

Sebagai seorang isteri, suamilah yang paling berpotensi melukai hatinya, demikian pula sebaliknya. Karena di saat dua pribadi tinggal bersama dalam waktu yang lama, pasti akan timbul gesekan-gesekan dan perbedaan-perbedaan. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan konflik yang akhirnya membuat hati terluka.
Kepada siapa Anda banyak berinteraksi, maka merekalah yang kemungkinan besar melukai hati Anda.

Hati Anda tidak mungkin dilukai oleh seseorang yang Anda tidak pernah jumpa dan tidak kenal. Karena itu setiap pribadi bisa terluka dan juga berpotensi melukai. Jika hati Anda terluka, sebenarnya itu adalah pilihan. Anda tidak dapat mengontrol sikap orang lain terhadap Anda. Tetapi Anda dapat mengontrol kembali sikap hati Anda pada orang lain.
Walaupun orang lain menghina, bersikap kasar, menolak permintaan Anda, kalau Anda katakan aku tidak mau terluka, maka Anda tidak akan terluka.

Tetapi jika sudah terluka, ambillah keputusan saat ini dan katakan pada diri Anda :
" Sayapun dapat melukai orang lain, dan orang lainpun dapat melukai saya. Tetapi saat ini saya tidak mau lagi terluka, saya lepaskan pengampunan bagi mereka yang mengecewakan saya. Saya juga mohon ampun, karena saya juga telah melukai orang lain".
Lakukan sekarang, niscaya hati yang terluka akan sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar